Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Selamat Datang Tamu PON 2016, Selamat Menikmati Sajian Kopi Khas Tanah Legenda


Harian Jawa Barat - Ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar menjadi kesempatan bagi petani kopi Jawa Barat untuk mengembangkan pasar kopi khas asal tanah Pasundan. Sebagai Coffee Official PON XIX, para petani kopi yang bergabung dalam Gabungan Petani Kopi Kebun dan Hutan Indonesia (Gapekkhi) sudah bersiap agar kopi Jabar benar-benar berjaya di tanah legenda.

"Kami siapkan 4 ton kopi Arabica khas Jawa Barat dalam penyelenggaraan PON XIX ini," kata Ketua Gapekkhi, Thio Setiowekti kepada RMOLJabar, Minggu(4/9).

Thio menuturkan saat ini merupakan momen yang pas bagi petani kopi Jawa Barat untuk mengembangkan usahanya lantaran daerah penghasil kopi di Indonesia seperti Sumatra dan Jawa Timur sedang kolaps. Selama ini Sumatra yang dikenal sebagai penghasil kopi, ternyata 60 persen kopinya disupplay Jawa Barat.

Selain itu, ujarnya, masyarakat juga harus menumbuhkan budaya minum kopi lokal  yang dihasilkan di kebun dan hutan negara maupun masyarakat sehingga kopi petani Indonesia menjadi kebanggaan bangsa yang disegani dan dinikmati di negerinya sendiri.

"Saya berharap PON di Jabar ini dapat menjadi momentum, dan petani Gapekhi kedepannya dapat memegang pasokan kopi ke seluruh Indonesia. Inginnya dalam PON ini selain prestasi, ekonomi juga dapat menjadi kahiji," ujarnya.

Gapekkhi sendiri berdiri pada 27 Januari 2016. Tujuan dibentuknya lembaga ini untuk membantu para petani kopi kebun dan hutan meningkatkan usaha kopi dari hulu sampai hilir secara mandiri, terutama pasca-panen agar tidak dikuasai oleh tengkulak.

"Salah satunya Gapekkhi sudah berhasil membuat mesin hulling dan roasting kopi produk home industry sendiri yang tidak kalah dengan mesin pabrikan," pungkasnya.


Sumber ( http://www.harianjawabarat.com/2016/09/selamat-datang-tamu-pon-2016-selamat-menikmati-sajian-kopi-khas-tanah-legenda/)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   1
Kunjungan Hari Ini
:   5
Kunjungan Bulan Ini
:   1094
Kunjungan Tahun Ini
:   429
Total Kunjungan
:   9885
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
53%
Cukup
25%
Kurang
22%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094