Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

West Java Forest Festival 2016 Perkenalkan Kuningan Sebagai Kota Wisata


Bupati Kuningan Acep Purnama, bersama unsur Muspida dan Kepala Dinas Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Barat Ir. Budi Susatijo dalam pembukaan acara gelaran kedua West Java Forest Festival 2016 di taman wahana air (TWA) obyek wisata Linggarjati Indah, Kecamatan Cilimus, kemarin.

Kuningan - Setelah berlangsung di Bandung, gelaran kedua West Java Forest Festival 2016 dipercayakan pada Kabupaten Kuningan sebgai tuan rumah festival yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dengan mengambil tempat di taman wahana air (TWA) obyek Wisata Linggarjati Indah, Kecamatan Cilimus, selama dua hari, Sabtu (22/10).

Acara yang digelar dalam rangka memperkenalkan Kuningan sebagai kota wisata, sekaligus West Java Forest Festival 2016 sebagai salah satu ikon wisata di Jawa Barat tersebut tampak dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddi, Dandim 0615 Letkol Inf Arief Hidayat, serta perwakilan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Barat Ir. Budi Susatijo mengatakan, sumber daya hutan Indonesia mempunyai peranan penting dalam pembangunan Indonesia.

"Berkaitan dengan itu, pengelolaan hutan bukan hanya berorientasi dari segi ekonomi saja, karena masih banyak potensi hasil hutan yang bisa dikembangkan, tidak hanya dari kayu, pengelolaan hutan yang baik juga adalah satu sumbangan besar bagi nilai ekonomi, yaitu dari segi pariwisata,"katanya.

Sementara pada kesempatan itu, Bupati Kuningan Acep Purnama menegaskan, jika Kuningan telah mendeklarasikan diri sebagai Kabupaten Konservasi, dengan konsep dasar mengandalkan potensi alam yang dioptimalkan untuk membangun industrri pariwisata.

"Harapan kedepannya, sejauh mata memandang memandang, Kuningan akan terlihat hijau, indah, serta nyaman. Dan festival forest 2016 kali ini, bukan hanya sebagai ajang promosi belaka, tapi sebagai tuntunan dan proses pembelajaran kehutanan dimasa yang akan datang," tutur Acep.

Untuk itu, lanjut Acep, pihak pemerintah daerah akan berhati hati dengan kebijakan lingkungan dan pengelolaanya, kalaupun ada industri, bukanlah yang berskala besar, tetapi industri kecil, serta bersifat agro, dan mendukung pada pelestarian lingkungan.

Meski bertahan pada pelestarian alam, Acep optimis, Kabupaten Kuningan yang merupakan salah satu kabupaten dengan ruang terbuka hijau terbesar di Jawa Barat serta pernah menjadi juara lomba penanaman pohon terbaik tingkat tingkat provinsi, akan menajdi wilayah destinasi wisata alam paling diminati di gerbang timur Jawa Barat, "Apalagi dengan di bangunnya Jalan Tol Cipali, hal ini jelas akan menjadi akses yang baik untuk mendatangkan para wisatawan ke Kuningan, sehingga sektor pariwisata sebagai sektor andalan, akan lebih maju lagi,"terangnya. (Tatang Budiman)

 

Sumber (Bingkai Warta)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   3
Kunjungan Hari Ini
:   2
Kunjungan Bulan Ini
:   1183
Kunjungan Tahun Ini
:   3742
Total Kunjungan
:   13198
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094