Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat
Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Kebakaran Papandayan Meluas Hingga 300 Ha


GARUT, (PRLM).- Hingga Rabu (9/9/2015) siang kebakaran hutan di Gunung Papandayan terus terjadi, bahkan luas lahan terbakar bertambah. Setelah pada hari sebelumnya luas lahan terbakar sudah seluas 100 hektare, pada Rabu (9/9/2015) luas lahan terbakar sudah mencapai 300 hektare.

Salah seorang petugas tim penanganan kebakaran Gunung Papandayan, Adin menjelaskan bahwa untuk kebakaran di area puncak kawah Papandayan sudah bisa dipadamkan. Namun api terus menyebar hingga mendekati perkebunan teh.

"Karena untuk menempuh lokasi butuh perjalanan jauh selama tiga sampai empat jam maka susah untuk membawa peralatan, sehingga kita padamkan manual saja," kata Adin di lokasi, Rabu (9/9).

Adin mengatakan bahwa luas lahan yang terus bertambah akibat cuaca kemarau dan hembusan angin yang kencang. Petugas pun hanya bisa memadamkan api dengan alat seadanya seperti golok dan bambu.

"Seharusnya itu bawa cangkul dari bawah Jadi apinya bisa dipadamkan dengan tanah. Tapi ini alatnya tidak ada. Jadi cukup sulit memadamkannya," katanya.

Adin juga menambahkan, api merembet ke sejumlah blok, di antaranya Tumaritis, Cileuleuy, Puncak Cisaroni, Masigit, Samudra, Arjuna, hingga Blok Pasirmalang. Semula lahan yang terbakar berada di blok Tegal Alun, dan Pondok Saladah. 

Menurut Adin, dari laporan yang diterimanya, kebakaran diduga berasal dari para pendaki yang lupa mematikan api usai berkemah. Para pendaki tak menyadari jika api di dalam tanah masih menyala. Akibatnya api merembet ke lahan yang lain.

"Dugaan sementara memang dari api yang lupa dimatikan pendaki. Tapi belum bisa dipastikan. Sekarang kita fokus pada pemadaman api," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan lokasi wisata Gunung Papandayan sepi pengunjung, sejumlah warung pun tutup, Hanya terdapat sejumlah petugas dan relawan yang tengah melakukan pemadaman. Kondisi tersebut sudah terjadi selama tiga hari.

Sisa asap pun hingga kini masih tampak meski api telah padam. Lokasi wisata Gunung Papandayan pun masih ditutup hingga waktu yang belum bisa ditentukan.(Mochamad Iqbal Maulud/A-88)***

(Sumber : pikiran-rakyat.com)

 


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   1
Kunjungan Hari Ini
:   10
Kunjungan Bulan Ini
:   1434
Kunjungan Tahun Ini
:   8791
Total Kunjungan
:   18247
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094

hacklink satış wordpress free themes meme büyültme hacklink satışı e sigara hacklink al