Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Kebakaran Hutan dan Lahan, Selesaikan Persoalan dari Hulunya


KOMPAS.com - Peneliti gambut Universitas Riau, Haris Gunawan, mengungkapkan bahwa masalah kebakaran hutan dan lahan yang sudah terjadi puluhan tahun harus diselesaikan dari hulunya. Langkah reaktif hanya akan berdampak sementara, tidak akan menghentikan kejadian kebakaran hutan.

"Yang harus diselesaikan adalah masalah hulunya, bagaimana gambut yang sekarang mudah terbakar itu tetap basah sehingga tidak mudah terbakar. Perlu perencanaan," kata Haris ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/9/2015).

Haris mengungkapkan, gambut di wilayah Sumatera dan Kalimantan kini mudah terbakar karena maraknya konversi lahan. Bentang alam gambut berubah. Area gambut dengan biodiversitas beragam dan basah disulap menjadi area perkebunan dengan satu jenis tanaman dan dikanalisasi untuk mendukung budidaya. Akibatnya, gambut kering dan mudah terbakar.

Melihat akar masalah tersebut, haris menuturkan bahwa penyelesaian masalah kebakaran hutan tidak cukup hanya dengan bom air dan pencarian pelaku pembakaran.

"Saya setuju ada penegakan hukum. Saya setuju ada pemberdayaan masyarakat. Tapi bukan cuma itu yang perlu dilakukan," katanya. Kebakaran hutan yang telah berlangsung selama dua minggu terakhir harus sekali lagi menjadi momentum memperbaiki tata kelola hutan dan gambut.

"Sekat kanal itu bagus dalam skala mikro. Nah sekarang, bagaimana kita memasifkan itu. Kemudian yang terpenting adalah melestarikan kubah gambut. Kita harus hutankan kembali," ungkapnya.

Pemerintah, kata Haris, juga harus bisa meyakinkan kalangan bisnis bahwa kebakaran hutan dan lahan pada akhirnya akan merugika n ekonomi. Kalau hutan dan gambut terus dieksploitasi, bencana asap akan terus terjadi dan makin besar. 

Sementara, peneliti kebakaran hutan dan lahan dari Center for International Forestry Research (CIFOR), mengatakan, penting juga investasi untuk solusi jangka panjang. 

Kepastian tata ruang hutan dan gambut perlu diupayakan. Penting juga bagi pemerintah untuk membuka peta konsesi perusahaan perkebunan dan logging. Terkait sekat kanal, Herry mengatakan perlu pertimbangan dalam menentukan lokasi untuk sekat kanal sehingga tidak memicu kekeringan di daerah lain. 


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   3
Kunjungan Hari Ini
:   2
Kunjungan Bulan Ini
:   1183
Kunjungan Tahun Ini
:   3742
Total Kunjungan
:   13198
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094