Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Peresmian WEST JAVA FOREST FESTIVAL 2015, "d' Leuweung" Oleh Plt. Sekda Prov. Jabar


Sumber daya hutan di Indonesia memiliki peranan penting dalam menghasilkan devisa negara. Pada masa-masa awal pembangunan, eksploitasi sumber daya hutan hanya berorientasi pada timber based management yang menitikberatkan pada manfaat ekonomi semata. Kondisi tersebut menimbulkan permasalahan yaitu deforestasi kawasan hutan yang mengakibatkan sumber daya hutan di seluruh wilayah di Indonesia termasuk di Jawa Barat mengalami penurunan potensi yang sangat berarti.

Berkaitan dengan itu, diperlukan perubahan paradigma pengelolaan kawasan hutan di masa kini dan masa yang akan datang, dari orientasi ekonomi  ke arah pembangunan kehutanan yang berorientasikan pada resource and community based development, yang dijabarkan sebagai berikut :

  1. Perubahan orientasi produksi kayu hutan alam ke hutan tanaman;
  2. Perubahan orientasi dari hasil hutan kayu ke hasil hutan bukan kayu dan jasa;
  3. Pergeseran pola pengusahaan hutan dari konglomerasi  ke peningkatan peran masyarakat;
  4. Perubahan bentuk pengelolaan hutan dari optimasi produksi log ke optimasi fungsi hutan;
  5. Pergeseran kewenangan pengelolaan hutan dari sentralisasi ke desentralisasi.

Sejalan dengan kebijakan pembangunan kehutanan di atas, dalam rangka peningkatan wawasan masyarakat tentang pentingnya fungsi hutan, serta menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang kelestarian hutan dan pemanfaatan hasil hutan lestari, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2015 akan menyelenggarakan West Java Forest Festival (WJFF) 2015 pada tanggal 10 – 11 Oktober 2015 di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda-Dago Bandung. WJFF 2015 merupakan hasil kerjasama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, BUMN/Swasta, Mahasiswa, serta Komunitas Pecinta Lingkungan.

Pembukaan WJFF 2015 secara resmi dilakukan oleh H, Iwa Karniwa, SE.Ak., MM., CA., PIA., selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat. Tujuan WJFF 2015 yaitu : 1) Media silaturahim dan informasi bagi multistakeholder kehutanan di Jawa Barat dan Indonesia; 2) Sarana promosi, transaksi, negosiasi, edukasi dan transformasi baik pengetahuan, produk, teknologi, kelembagaan maupun program bidang kehutanan; serta 3) Sebagai barometer perkembangan pembangunan, pelestarian budaya dan seni bidang kehutanan di Jawa Barat.

Kegiatan WJFF Tahun 2015 merupakan salah satu rangkaian acara de Syukron 5 Tahun 2015 dalam rangka peringatan Hari Jadi Jawa Barat yang ke 70 Tahun 2015. Adapun jenis kegiatan yang akan dilakukan pada event tersebut meliputi pameran pembangunan kehutanan, dialog interaktif, talkshow, seminar dan lomba-lomba yang berkaitan dengan kelestarian hutan, seni dan budaya, atraksi kehutanan, demo produk kehutanan, serta kuliner.

Dalam Forest Galery WJFF 2015 dipamerkan beberapa produk/atraksi unggulan, antara lain Hewan Langka; Kerajinan dan Meubel Rotan Terbaik; Meubel Terbaik; Kopi Hutan Pertama di Indonesia dan Barista Jungle Coffee; Produk Jamur Hutan; Tanaman Hias Hutan; Model Hutan Hujan Tropis; Produk Olahan Bambu; serta Kompetisi Madu Hutan Terbaik dan Peracik Minuman Bahan Baku Madu.

Pelaksanaan WJFF 2015 diisi juga dengan beragam kegiatan yaitu forest run dari Komunitas Indorunner Bandung dan cross country mahasiswa pecinta alam. Selain itu, diagendakan lomba-lomba untuk pelajar SD (menggambar dan mewarnai dengan tema hutan/lingkungan), pelajar SMP dan SMA/SMK (Lomba menebak nama tanaman), serta masyarakat umum (panjat dinding dan lomba meracik makanan berbahan dari madu).

Disamping itu juga, penghelatan WJFF 2015 akan diramaikan dengan penampilan kesenian khas Jawa Barat berupa tari tradisional dan tembang sunda anak, angklung dan arumba show, serta karinding dan cilempung; penampilan artis/penyanyi pecinta lingkungan (Acil Bimbo); talkshow dari peneliti kehutanan dan film dokumenter dari Mahasiswa Pecinta Alam; serta penyajian kuliner khas indonesia dengan peralatan etnik dan bahan baku hasil hutan (kayu dan bukan kayu).

Diharapkan melalui kegiatan WJFF 2015 yang direncanakan akan digulirkan secara reguler setiap tahun, maka intesitas kontinuitas pembangunan kehutanan akan selalu terjaga, terkendali dan dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   1
Kunjungan Hari Ini
:   14
Kunjungan Bulan Ini
:   1131
Kunjungan Tahun Ini
:   5020
Total Kunjungan
:   14476
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094