Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Ini Loh Manfaat dari Budidaya Hutan Rakyat


GARUT, FOKUSJabar.com : Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra) kerja bareng Komunitas Pohon Indonesia (KPI) tengah gencar-gencarnya membudidayakan hutan rakyat dan sawah modern.

Ketua PM Gatra, Holil Aksan Umarzen membenarkannya. Menurut dia, dari program tersebut banyak manfaat yang bisa dipetik oleh pemiliknya. Baik itu secara ekologis maupun ekonomis serta secara material maupun immaterial.

Beberapa manfaat atau keuntungan dari hutan rakyat diantaranya, pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) lebih efisien,  keanekaragaman hayati dan peningkatan volume produksi, perubahan cara produksi tradisional lebih mudah diterima daripada sistem usaha tani monokultur.

Selain itu, meningkatkan produksi kayu dan hasil ikutan lainnya, meningkatkan kesempatan kerja dan aksesabilitas pedesaan, memperbaiki sistem tata air serta meningkatkan proteksi permukaan tanah dan gangguan erosi.

Meningkatkan proses penguraian Karbon Monoksida (Co) dan polutan lain di udara karena intensitas fotosintesis di permukaan bumi bertambah. Proses fotosintesis menjaga kadar oksigen di udara dapat dipertahankan pada tingkat yang baik.

Definisi hutan rakyat yang lebih detail dan spesifik lanjut Holil, hutan yang dimiliki rakyat dengan luas minimal 0,25 hektar dengan penutupan tajuk tanaman kayu-kayuan.

"Jadi, tujuan dari budidaya hutan rakyat tiada lain untuk memperoleh  manfaat atau keuntungan yang sebesar-besarnya serta  lestari untuk memakmurkan masyarakat," kata Holil, Kamis (25/2/2016).

Menurut Holil yang juga Ketua Komite Penyelamat (Komat) Garut, budidaya hutan erat kaitannya dengan kontrol terhadap proses pertumbuhan pohon. Dimana komposisi jenis tumbuhan dan kualitas tegakan hutan serta pohon hutan bagaimana bisa tumbuh berproduksi dan bereaksi terhadap perubahan lingkungan (Silvika).

"Silvika merupakan dasar ilmu budidaya pohon yang mengandung aspek-aspek penerapan metode penanganan hutan yang dimodifikasi sesuai dengan keadaan dan tujuan pengolahan hutan," papar Holil Aksan.




Sumber ( http://fokusjabar.com)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   3
Kunjungan Hari Ini
:   2
Kunjungan Bulan Ini
:   1183
Kunjungan Tahun Ini
:   3742
Total Kunjungan
:   13198
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094