Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Sambut Ramadan Massal Tanam Pohon dan Munggahan Bareng Dandim


Masyarakat Sadar Lingkungan (Massal) Kabupaten Subang yang terdiri dari beberapa komunitas termasuk Wargi Suara Subang di Facebook menyambut bulan Ramadan 1437 Hijriyyah dengan menyemaikan benih dan tanam pohon serta makan bareng dengan Dandim 0605 Subang dan Ketua DPRD di Hutan Kota Ranggawulung, Subang, Minggu (5/6/2016).

Ternyata aksi tersebut mendapar dukungan penuh dari Dandim 0605 Subang sehingga menyempatkan diri untuk datang dan bergabung dengan Massal. 

"Kemarin rekan-rekan Massal datang dan berencana mengadakan kegiatan di sini. Tentu saya support apalagi ada penyemaian bibit tanaman," kata Dandim Subang, Letkol Inf. Budi Mawardi Syam.

Ia mengaku, sangat konsen dengan lingkungan, termasuk penghijauan dan begitu menjabat di Subang. Menurut Dandim ada yang kurang dalam penataan Hutan Kota dan Taman Kota serta Bumi Perkemahan Ranggawulung. 

"Saya tidak ingin membahas itu, tetapi bagaimana rekan-rekan Massal bisa terus mengembangkan gerakannya bukan sebagai acara seremial semata, tetapi yang nyata dan bernilai tambah," ujarnya.

Salah satu langkahnya tentu harus menyamakan terlebih dahulu misi dan visinya. Kemudian terus diperdalam masalah penyemaian bibit tanaman dan menjaga lingkungan di wilayah kota Subang. "Untuk penyemaian bibit tanaman secara pribadi siap mendukungnya dan tinggal kesiapan rekan-rekan Massal sendiri," harapnya.

Koordinator Massal, Asep Alam Rantjatan menyambut baik dukungan Dandim Subang dan  aksi yang dilakukan berupa penanaman pohon di seputaran Taman Kota Ranggawulung dan pinggir jalan menuju Hutan Kota Ranggawulung merupakan kegiatan rutin. 

"Kalau hari ini kebetulan kita memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia dan sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan," katanya.

Sedangkan penyemaian bibit tanaman sudah mulai dirintis dan tinggal berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan. 
"Insya Allah kita akan rembukan kembali dengan rekan rekan yang peduli lingkungan, termasuk dinas terkait," kata Asep Alam. 

Sementara dirinya menilai, ikon di Kota Subang, Taman Ranggawulung yang berada di batas kota sekaligus gerbang masuk atau etalase ke kota kondisinya kurang terurus. Padahal umur taman kota yang kerap dikunjungi kawula muda berselfi itu, belum setahun direnovasi dengan biaya yang tidak sedikit.

"Kita juga prihatin, sepertinya taman ini tidak ada yang mengurusnya, sehingga dirinya bermaksud, untuk mengajukan diri secara resmi kepada Bupati menjadi pengelola, setidaknya agar terjaga dan terpelihara," ujarnya.




Sumber ( galamedianews.com)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   2
Kunjungan Hari Ini
:   7
Kunjungan Bulan Ini
:   1114
Kunjungan Tahun Ini
:   1217
Total Kunjungan
:   10673
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094