Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Sosialisasi Pengembangan Aren Hutan Kabupaten Tasikmalaya


POHON aren ternyata bisa berkembang baik ditanam di hutan. Itulah yang terungkap saat Sosialisasi Pengembangan Aren Hutan Kabupaten Tasikmalaya di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya itu, Rabu (2/3 2016). Sosialisasi yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd itu, dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, yang diwakili oleh Kepala BP3HH, Ir. H. Setra Yuhana, MM, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala SKPD Se-Kabupaten Tasikmalaya, Para Camat Se-Kabupaten Tasikmalaya, Para Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Unit Manajemen Hutan Rakyat (UMHR), Penyuluh Hutbun, dan para petani Aren Se-Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Bupati Tasikmalaya yang diakili oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd. menyatakan menyambut baik acara tersebut. Selain itu, Abdul Kodir juga membuka secara resmi Sosialisasi Aren Hutan Kabupaten Tasikmalaya dan Pembentukan Asosiasi Aren dan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Aren Provinsi Jabar.

Dikemukakannya, kelestarian sumberdaya hutan saat ini menjadi isu global. Umat manusia di seluruh dunia meyakini hutan tidak hanya memiliki fungsi sosial ekonomi dan sosial budaya, tetapi juga fungsi ekologis yang peranannya sangat vital bagi sistem penyangga kehidupan.

"Di sekitar tempat kita berada masih banyak hutan yang kritis, bukit-bukit yang gundul, lahan kosong yang tidak terurus dan tidak jelas pemiliknya. Keadaan tersebut perlu kita segera perbaiki dengan sungguh-sungguh. Bila upaya rehabilitasi terhadap lokasi-lokasi itu tidak segera dilakukan, maka yang terjadi kita akan menuai bencana di kemudian hari," ujarnya.

Salah satu upaya penanganan pemanasan global dan bencana diantaranya dengan penghijauan lingkungan atau hutan yang optimal. Pohon aren yang merupakan bagian dari habitat hutan yang perlu dilestarikan dan secara alami dapat menyimpan air sehingga membantu upaya pelestarian alam. "Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat berdampak pada pemahaman masyarakat tentang pengelolaan lingkungan atau hutan yang rusak maupun yang berdampak meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan," kata Abdul Kodir.

Sumber (Pikiran Rakyat)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   2
Kunjungan Hari Ini
:   1
Kunjungan Bulan Ini
:   1182
Kunjungan Tahun Ini
:   3741
Total Kunjungan
:   13197
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094