Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.
BP3HH JAWA BARAT
MENU
Selamat Datang di Website Resmi Balai Pengolahan, Pemasaran dan Pengendalian Hasil Hutan (BP3HH) Provinsi Jawa Barat.

Pembangunan Hutan Kota Berlanjut


SUMBER,(KC).- Masih minimnya sarana dan prasarana hutan kota yang ada di Kecamatan Sumber, menjadi PR bagi pemerintah daerah. Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) pada tahun 2017 berencana melengkapi sarana dan prasarana yang belum tersedia.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan pada DCKTR Kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman menyampaikan, sudah dua tahun kelanjutan pembangunan hutan kota terhenti. Sejak tahun 2013/2014 pembangunan hutan kota terhenti. Rencananya, tahun 2017 hutan kota akan kembali dibangun, ujar Dedi, Kamis (16/06/2016).

Dikatakannya, pembangunan tersebut dilakukan tahun mendatang dikarenakan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2016 untuk penataan pembangunan hutan kota tidak tercover.

"Pembangunan lanjutan hutan itu meliputi pagar, PJU, dan membangun tempat untuk menata PKL," kata Dedi.

Posisi PKL, dijelaskan dia, akan ditempatkan di sebelah timur hutan kota. Tujuannya agar para pedagang yang ada di hutan kota tersebut tidak lagi berjualan seenaknya, karena sudah ada tempat tersendiri yang sudah disediakan.

"Deain PKL, lahan parkir dan lainnya, itu sudah ada di kami. Termasuk air mancur itu di kolam retensi. Dan ada penunjuk arah papan nama untuk memperjelas nama Hutan Kota Sumber," katanya.

Untuk PJU di lokasi hutan kota membutuhkan 10 titik. Daya satu titik PJU sebesar 250 watt. Hanya saja, soal besaran anggaran yang dibutuhkan belum bisa diperkirakan. Sebab, pihaknya baru akan merinci anggaran tersebut.

"Untuk saat ini, kami berterima kasih kepada Saptol PP karena sudah menertibkan PKL di hutan kota. Tapi, di bulan Ramadhan ini sepertinya ada pengecualian kepada PKL, setelah itu tidak boleh ada yang berjualan lagi," ujarnya.

Ia juga menambahkan, pembangunan dan penataan hutan kota yang bakal dilakukan pada 2017 mendatang itu sesuai dengan instruksi Bupati Sunjaya Purwadisastra agar keberadaan paru-paru Kota Sumber dapat terlihat indah di siang hari maupun di waktu malam.

"Semuanya akan ditata, termasuk tempat parkir. Kami juga akan membuat air mancur di kolam yang sudah tersedia," kata Dedi menambahkan.

Sumber (Radar Cirebon)


Share:

Harga Rata-Rata Komoditas Hasil Hutan di Jawa Barat (Last Update: 3 September 2015)

LINK TERKAIT

STATISTIK PENGUNJUNG

Informasi data statistik kunjungan pengguna ke website BP3HH Prov. Jawa Barat.

Sedang Online
:   1
Kunjungan Hari Ini
:   37
Kunjungan Bulan Ini
:   1181
Kunjungan Tahun Ini
:   3740
Total Kunjungan
:   13196
JEJAK PENDAPAT

Bagaimana ketersediaan data pada website BP3HH Provinsi Jawa Barat?

Banyak
51%
Cukup
26%
Kurang
23%
KONTAK KAMI

Kantor BP3HH Provinsi Jawa Barat
Jalan Raya Kanci KM 10 Desa Kanci Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. 45181
Telp./Fax. (0231) 510094